Monday, August 9, 2010

Polda Metro Jaya Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Metro Jaya memusnahkan barang bukti bernilai milyaran rupiah hasil pengungkapan sejumlah kasus melalui Operasi Kilat Jaya.
Pemusnahan barang bukti yang dilakukan di halaman kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Senin dipimpin Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Timur Pradopo dengan disaksikan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan perwakilan Kejati DKI serta Banten.
Barang bukti yang dimusnahkan dari jajaran Direktor Reserse Kriminal Khusus berupa 3.263.531 keping VCD-DVD bajakan terdiri atas hak cipta film sebanyak 2.132.390 keping, VCD porno 312.329 keping, VCD rekaman lagu 635.007 keping, software 180.105 keping dan CD games 103.700 keping.
Sementara dari jajaran Direktorat Narkoba berupa 35.048 botol minuman keras berbagai merek, 173.319,26 gram ganja, 38.977,75 butir ekstasi, 35 gram heroin dan 23,45 gram serbuk ekstasi.
Sedangkan untuk kejahatan konvensional, dari 412 kasus seperti pemerasan, premanisme, penganiayaan berat, copet, judi, tebar paku, pencurian dengan kekerasan dan kejahatan lainnya, Polda Metro Jaya mengamankan 1475 tersangja dimana 366 orang diantaranya ditahan.
Kapolda Metro Jaya dalam sambutannya mengatakan operasi bertujuan agar masyarakat dapat khusyuk beribadah, tidak merasa resah di bulan Ramadhan.
"Jangan ada kelompok yang turun ke lapangan," kata Kapolda kepada ormas untuk tetap memberikan kepada Pemprov DKI dalam menegakkan aturan Perdanya.
Sementara Fauzi Bowo mengungkapkan pihaknya mendukung langkah polisi untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan puasa.
Meski demikian dirinya mengingatkan agar polisi tidak melakukan perbedaan dalam menegakkan hukum yang berlaku.
"Saya mendukung langkah Polda agar masarakat mendapatkan kenyamanan. Tetapi saya mengharapkan polisi menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Pelanggaran hukum dalam bentuk apapun harus ditindak," katanya.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Boy Rafli Amar menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan tak hanya hasil kerja Polda Metro Jaya namun juga jajaran Polres di bawahnya.
Menurut Boy, selain menahan tersangka pihaknya juga mengamankan barang bukti lain berupa 5 pucuk senjata api, senjata tajam 30 bilah, 71 kendaraan bermotor, uang tunai Rp 62.9 juta.
Pantauan di lokasi, selain dihadiri pejabar Pemprov DKI dan perwakilan Kejati, pemusnahan juga mendapatkan apresiasi dari sejumlah artis ternama seperti Denada, Firman Indonesia Idol dan Aldy Fairus yang mendukung langkah polisi untuk menindak para pelaku pembajakan hak cipta.

1 comment:

  1. arang yang tak berguna itu sangat banyak banget ya,,,,wah dhsyat nya negara kita,,,
    terima kasih gan buat infonya

    ReplyDelete