Monday, April 5, 2010

Sundaland Pusat Peradaban Dunia

Atlantis - Nusantara
Indonesia dengan kebudayaan maritimnya disebut-sebug sebagai pusat peradaban dunia pertama sebelum munculnya kebudayaan Romawi dan Yunani. 

Bagi yang kontra tesis dalam buku Santos yang berjudul Atlantis - The Lost Ontinent Finally Found (The Definitive Localization of Plato's Civilization), menjungkirbalikkan paradigma sejarah dunia yang sudah mapan. 

Hasil peradaban maju lainnya, seperti Kapal laut, arsitektur di Yunani, Mesir, Maya, Aztec, Inca dan lainnya yang menurut Prof. Santos tak lain dibangun oleh bangsa Indonesia yang melakukan migrasi lewat latu, setelah Sundaland hancur oleh bencana meletusnya Gunung Krakatau 11.600 tahun silam. Pada masa itu merupakan letusan Gunung Krakatau yang pertama. 

Sebagai karya ilmiah tentu saja tesis itu mendapat sanggahan dari ilmuwan lainnya yang terlanjur memercayai pusat kebudayaan manusia modern pertama berasal dari wilayah Yunani dan Romawi (Continental). 

"Kita pun tersentak, sebab penelitian bertahun-tahun itu bermuara pada kesimpulan bahwa benua (Atlantis) yang hilang itu tenggalam di wilayah Nusantara, hingga menyisakan puncak-puncak yang membentuk pulau-pulau dalam sabuk gunung berapi" kata Es Ito. 

"Semua buku sejarah resmi yang saat ini berlaku sudah selakyaknya dimasukkan dalam peti dan dikunci untuk selamanya. Karena memang ia tidak berhasil menggambarkan realitas historis dari riwayat bangsa, serta adab dan kebudayaannya, yang sesungguhnya pernah ada" 

Gimana menurut temen-temen ???

No comments:

Post a Comment