Thursday, February 25, 2010

Jembatan Selat Sunda, Terwujudkah ?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum bisa berkomentar banyak perihal rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda. Menurut dia, untuk mewujudkan pembangunan jembatan terpanjang di dunia itu, pendanaan dari pemerintah memang terbatas, tapi pembiayaanya akan dilihat dulu.

"Nanti dulu, karena menyangkut sumber pendanaan. Saya belum melihat dari pemerintah daerah dan hasil pra studi kelayakannya, kan hubungannya banyak sekali," kata dia di DPR, Jumat 14 Agustus 2009.
Adalah Prof DR. Wiratman Wangsadinata, pria kelahiran Jakarta 1935 ini merupakan alumnus  Institut Teknologi Bandung (ITB). Prof Wiratman merupakan jebolan S-1 teknik sipil tahun 1960 dan menyabet gelar doktornya di tahun 1992 bidang bangunan.

Pakar jembatan ini juga telah banyak merancang pembangunan gedung-gedung di Indonesia termasuk infrastruktur lainnya seperti menara pencakar langit, power plant, bendungan dan lain-lain. Bahkan calon ikon Jakarta yaitu Menara Jakarta yang akan menjadi tower tertinggi di dunia setinggi 500 meter lebih, merupakan hasil rancangannya.
Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengharapkan proses pembuatan desain JSS dapat diselesaikan dalam jangka waktu lima tahun ini sehingga proses pembangunan bisa segera dimulai setelah pembuatan desain usai. "Mudah-mudahan dalam lima tahun sudah desain dan bangun," ujarnya di kesempatan yang sama.

Hermanto menuturkan perkiraan biaya investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sepanjang 28 sampai 30 kilometer sekitar Rp 100 triliun. Salah satu perusahaan yang sudah mengajukan studi kelayakan, ujarnya baru Arthagraha. "Ada beberapa investor tetapi yang sudah mengajukan kelayakan dan memastikan jembatan bisa dibangun baru Arthagraha," tuturnya.

Selain membangun jembatan, sebenarnya pemerintah masih memiliki beberapa alternatif lain sebagai jalur penghubung Sumatera dan Jawa. "Belum tentu harus jembatan tetapi bisa juga terowongan atau kita bangun lebih banyak pelabuhan-pelabuhan" terangnya.

7 comments:

  1. wah, andaikan terwujud , negara kita bakalan nambah lagi jembatan terpanjang...cahyooo

    ReplyDelete
  2. mending dana nya digunakan untuk kesejahteraan rakyat miskin,pendidikan ,dan kesehatan gratis

    ReplyDelete
  3. sepertinya akan terwujud jika pemerintah kita juga serius...

    ReplyDelete
  4. mudah - mudahan terwujud. .
    bismillahirrahmanirrahim. .
    amiin . .

    ReplyDelete
  5. 100T gan?uang beneran kan?banyak ya..
    kalau anak krakatau meletus gimana tuh??

    ReplyDelete
  6. Harus terwujud kang...!!!

    Optimis ajah....

    ReplyDelete
  7. The quality of result with embroidered logos is far
    better than a simple color background. Without Stickers Line,
    the individual appearing in the exhibition as a group run is not possible, due
    to reasons explained above, we can provide superior service
    to our customers and partners, and increased bond prices.
    If you are handling the print job will come out ahead in the long term.


    Feel free to surf to my website sticker printing

    ReplyDelete