Thursday, February 4, 2010

Internet Picu Depresi?

Bagi Anda yang betah berlama-lama berselancar di dunia maya, waspadai serangan depresi. Penelitian tim psikolog Universitas Leeds, Inggris, menemukan kaitan erat antara kecanduan internet dan depresi.

Kesimpulan itu diraih setelah tim peneliti yang dipimpin Dr. Catriona Morrison mengolah 1,319 responden yang mengisi kuesioner daring. Rentang usia pada responden adalah 16-51 tahun dengan rata-rata 21.  Hasil survey menunjukkan 1,2%, dari responden adalah pecandu internet dan banyak dari merka yang depresi. "Riset kami mengindikasikan penggunaaan internet secara berlebihan berkaitan dengan depresi, tetapi apa yang kami tidak ketahuiadalah yang mana yang timbul lebih dulu -- apakah orang yang depresi tertarik  ke internet ataukah internet yang menyebabkan orang depresi," papar Morrison. 

Namun, sebagian kalangan mengkritik metode pengambilan sampel dalam studi ini. Mereka juga menilai kecanduan internet tidak mudah di diagnosis. Dr. Vaughan Bell dari Institut Psikiatri di King's College London mengatakan pecandu internet secara emosional memang bemasalah. (EP/BBC News/X-5, Astaga.com lifestyle on the net)

No comments:

Post a Comment