Tuesday, July 6, 2010

Benarkah bersepeda lebih bugar ?

Sebuah studi yang diadakan peneliti Inggris menyimpulkan anak-anak -terutama perempuan- yang mengayuh sepeda ke sekolah lebih buar ketimbang yang berjalan kaki dan naik bus atau kendaraan. Kesimpulan itu diraih tim peneliti setelah menganalisis hasil tes fisik dan kuesioner yang diisi oleh 6.000 anak berusia 10-16 tahun di Inggris pada 2007 - 2008.

Mereka menemukan anak laki-laki yang berjalan kaki ke sekolah 20% lebih berpeluang berada dalam kondisi bugar ketimbang yang naik bus, mobil dan alat transportasi lainnya. Adapun pada anak perempuan yang berjalan kaki ke sekolah, peluangnya mencapai 30%. 

Peluang bugar bahkan lebih besar pada anak-anak yang mengayuh sepeda ke sekolah. Untuk anak laki-laki, potensi menjadi bugar meningkat 30%. Adapun di kalangan anak perempuan, potensinya melonjak hingga tujuh kali lipat. Anak-anak yang diantar dengan kendaraan bermotor ke sekolah memiliki tingkat kebugaran fisik paling rendah. 

"Agar tetap sehat, penting bagi anak-anak untuk selalu aktif dan bugar," kata salah satu peneliti, Christine Voss. "Mendorong mereka untuk berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah adalah kesempatan yang baik untuk membantu mencapai hal itu". (HealthDay News/Lifestyle on the net)

1 comment:

  1. owh.. gitu toh.. jhhe jdi tau nih.. wah skarang udah gak jlan2 lgi sob.. sama naik angkot mungkin pda.. Risi/gimana gitu..jhhee skarang pda naik mntor. biar pdean dikit... :) Kalau sya shari2 lebih ska pkek speda listrik..tpi klo brangkat ke skull gak.. jhhee cman klau mau ke wrung.. gitu :D.. pkoknya thanks infonya sob

    ReplyDelete