Thursday, December 31, 2009

Resolusi Tahun Baru

Tahun baru sebentar lagi tiba, kita harus menghadapinya dengan optimisme tinggi. Momen seperti ini sangat pas untuk instropeksi diri. Selain itu bikin resolusi di tahun depan agar kita lebih terpicu lagi untuk lebih maju. Ayo sambut tahun baru dengan semangat dan target baru!

Gimana sih agar Resolusi kita dapat berjalan?

  • Buatlah target yang realistik dan dapat dicapai dengan usaha kerasmu. Jangan buat target yang tidak masuk akal. Misalnya memenangkan undian 1 milyar.
  • Buat daftar poin-poin resolusimu yang menarik. Lalu cetak dan tempelkan di tempat-tempat yang sering kamu lihat. Misalnya di taruh di sebelah monitor komputermu, dekat cermin, lemari baju, dll. Dengan begitu kamu akan semakin mengingatnya dan termotivasi. Kalau hanya diingat-ingat dalam hati pasti seminggu atau dua minggu berikutnya kamu dah lupa targetmu di tahun baru.
  • Jangan bikin resolusi terlalu banyak, maksimal cukup 3 atau 4 saja. Kalau di daftarmu ada lebih dari itu, pilihlah yang paling penting dan mendesak atau yang paling bernilai dan berharga bagi hidupmu. Dengan hanya sedikit resolusi, pencapaian anda bisa lebih fokus dan terarah, kemungkinan berhasilnya pun juga lebih besar.
  • Gambarkan resolusimu dengan spesifik. Kalau target resolusi anda abstrak atau rancu, pastilah pencapaiannya juga tidak maksimal karena sulit menentukan titik keberhasilannya., Jangan hanya berikhtiar untuk ‘bisa fotografi’; wujudkan keinginan itu secara spesifik, misalnya ‘mengikuti les fotografi tingkat pemula dan dalam 1 tahun sudah mencapai tingkat mahir’.
  • Berikanlah hadiah bagi diri sendiri setiap kali kamu sukses dalam memenuhi target perantara atau resolusi utama. Tentukan hadiah seperti apa yang kamu inginkan sejak awal merancang resolusi, sehingga hadiah ini bisa menjadi salah satu motivasi tetap sepanjang tahun untuk terus berusaha mencapai resolusi-resolusimu.

(noe-iq/berbagai sumber)

6 comments: